DAIHATSU XENIA
SPESIFIKASI DASIHATSU XENIA
Eksterior Daihatsu Xenia
Sebagai mobil dengan umur cukup tua di Indonesia, Daihatsu Xenia telah mengalami beberapa kali perubahan eksterior baik minor maupun major. Eksterior Xenia memang telah melalui rancangan cermat dari Daihatsu, yang berhasil mempertahankan tampilan mewahnya. Gril depan melengkung indah beraksen krom seakan memberikan gaya tersendiri pada keseluruhan kendaraan ini. Aerodinamis merupakan salah satu aspek yang difokuskan oleh Daihatsu. Dengan siku-siku melengkung dan beraksen, mobil ini membidik untuk dapat menurunkan konsumsi bahan bakar dengan kemampuan handal tanpa mengorbankan penampilannya. Setelah studi pasar dilaksanakan di Indonesia, Daihatsu merancang dan mengintegrasikan kap penuh, dan tidak hanya sebagian dengan radiator. Lampu besar yang terpasang di bagian depan terdiri dari lampu besar multi-reflektor, lampu kabut bulat nan terang dan lampu sen. Lampu kabutnya diletakkan dengan strategis pada bempernya, untuk memastikan jangkauan pandang maksimal selama situasi berkabut dan hujan. Poin tambahan terbesar Daihatsu Xenia ini adalah kipas hujan pada bagian belakang yang berguna untuk kondisi cuaca buruk. Lampu-lampu belakang pun dirancang dinamis untuk memastikan jangkauan pandang maksimal. Bila menelaah bempernya, anda juga dapat menemukan sensor parkir yang tersemat dengan sempurna pada bemper belakang.
- Front Bumper Aerokit
- Chrome Front Grille
- DayTIme Running Light (DRL)
- 15” Polished Alloy Wheel
- Side Stone Guard
- Chrome Cover Outer Mirror+LED
- Chrome Backdoor Garnish
- Rear Spoiler with HMSL (High Mount Stop Lamp)
- Rear Bumper Aerokit+Skid Plate
Interior Daihatsu Xenia
Interior Daihatsu Xenia ini luas dan cukup besar untuk mengakomodasi tujuh penumpangnya dengan nyaman. Area luas tersebut tercipta berkat trim pintu yang lebih tipis, sehingga memberikan anda lebih banyak ruang gerak. Interior Xenia ini sebagian besar terbuat dari plastik, namun dengan material yang digunakan tersebut, nyatanya mampu memberikan anda kesan mewah. Mayoritas balutan interiornya memiliki dua nada warna hitam dan krem, dasbor mobil ini pun berbentuk unik dan dirancang dengan memadukan warna abu-abu gelap dan krem. Kluster instrumen pada pusatnya tampak menonjol dengan sentuhan warna hitam legam yang mempertegas kemewahan dan keanggunannya. Konsol untuk jendela otomatis dan tuas persneling area sekitar juga berwarna hitam, selaras dengan kluster instrumennya. Elemen unik lainnya adalah, Daihatsu menyematkan ventilasi AC pada dasbor Xenia besutannya. Fitur ‘kipas-ganda’ yang difungsikan dalam ventilasi AC tersebut diklaim dapat menyalurkan aliran udara sejuk ke kabin belakang. Xenia juga melengkapi dirinya dengan sistem audio yang cukup berkualitas.
Kursi-kursi dibesut dalam skema bernada-warna ganda dengan trim interior yang serasi. Para penumpang mungkin akan merasa kurang nyaman dengan kursi-kursinya, karena Daihatsu menggunakan busa lebih tipis untuk bantalan belakang kursinya, namun ini berarti bahwa anda juga dapat menikmati ruang kabin yang lebih luas. Kursi-kursi tersebut dapat dilipat dengan mudah dengan bantuan tombol "Roboh-Satu-Sentuhan” yang secara otomatis dapat melipat kursi menjadi konfigurasi 50:50 dan dapat dipindahkan sejauh 60 mm. Ruang penyimpanan pada setiap sisi pintu pun tersedia untuk para penumpangnya menyimpan 3-4 botol dengan mudah. Di atas segalanya, tersedia pula tempat penyimpanan kontainer di konsol tengahnya.
- Double Blower Air Conditioner
- 3rd Row 50:50 Full Folding
- 1-Touch Tumble
- 2 DIN 7” Touchscreen Audio
Fitur Daihatsu Xenia
Semua varian Daihatsu Xenia baru menyematkan sistem audio yang terintegrasi dengan sistem audio dan di dalam varian berkualitasnya tersedia 2-DIN Head Unit dengan Tuner, WMA, Pemutar CD, AUX-Jack, i-Pod, dan dapat difungsikan dengan USB bersama 6 pengeras suara. Sedangkan untuk varian dasarnya memiliki 1-DIN Head Unit tipe primitif, pemutar CD dengan Tuner, AUX-Jack, MP3 dan USB. 6 pengeras suara juga ditanamkan dalam varian 1,3-liter, tidak hanya 4 seperti yang tersedia untuk varian dasar.
- Dual SRS Airbag
- Side Impact Beam
- Immobilizer & Alarm Integrated Key
- New Corner Sensor
- New Wndow Jam Protection
- Front Seat with Pretensioner and Force Limiter
- Rear Parking Sensor
Mesin dan Dimensi Daihatsu Xenia
Dengan mesin 1,3-liter DOHC, VVT-i Ganda. Empat silinder segaris dalam mesin ini mampu menghasilkan kekuatan maksimal sebesar 97 PS pada 6000 rpm dan torsi maksimal sebesar 121 Nm pada 4200 rpm. Sedangkan saudaranya yang lebih kecil, mesin 1,0-liter, mampu menghantarkan kekuatan puncak sebesar 63 PS pada 5600 rpm dan torsi puncak sebesar 90 Nm pada 3600 rpm. Mesin-mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual atau otomatis.
Tipe Mesin
|
1NR-VE DOHC Dual VVT-i
|
Diameter x Langkah
|
72.0 x 80.5
|
Kapasitas Silinder
|
1.329cc
|
Jumlah SIlinder
|
4
|
Sistem Bahan Bakar
|
Electronic Fuel Injection
|
Bahan Bakar
|
Bensin
|
Daya Maksimum
|
97/6.000
|
Torsi Maksimum
|
120.4.200
|
Penggerak Roda
|
FWD (Penggerak Roda Depan)
|
Ukuran dari Daihatsu Xenia dari tahun ke tahun tidak mengalami banyak perubahan, hal ini terjadi agar harga Daihatsu Xenia tidak terlalu tinggi sehingga tetap dapat dinikmati konsumen dengan kelas ekonomi menengah yang sedang berusaha berganti dari kendaraan roda dua menjadi kendaraan roda empat yang memang dapat membawa barang lebih banyak dan penumpang leih banyak. Dengan panjang 4.140mm, lebar 1.660mm, dan tinggi 1.695 membuat mobil ini memiliki kabin yang luas sehingga bisa menampung kurang lebih 7 orang penuh, atau 4 orang dengan tambahan barang di bagasi, kursi yang bisa dilipat pun menambah fungsionalitas dari Daihatsu Xenia ini.
Berat Kosong Tanpa Muatan
|
1.115kg
|
Panjang Mobil
|
4.140mm
|
Lebar Mobil
|
1.660mm
|
Tinggi Mobil
|
1.695mm
|
Jarak Pijak Depan/Belakang
|
1.425mm/1.435mm
|
Kapasitas Penumpang
|
7
|
Jarak Rendah Kendaraan
|
200mm
|
Jarak Poros Roda
|
2.655mm
|
Kapasitas Bensin
|
45liter
|
Sasis, Ban, dan Rem Daihatsu Xenia
Sebagai “saudara beda bapak” dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia juga tidak terlalu banyak perbedaan dari segi sasis, ban, dan rem. Terlihat dari suspensi yang digunakan adalah MacPherson Strut with Coil Spring dan 5-link Rigit Axel with Coil Spring. Hal ini dilakukan agar jika ada penggantian parts yang membutuhkan waktu singkat, dapat dilakukan “kanibal”, jadi tidak usah menunggu ketersediaan parts yang kadang harus menunggu lama dari pabrikan.
Mobil yang digunakan oleh banyak pengemudi ojek online ini menggunakan sistem kemudi Rack&Pinion with Electric Power Steering, memberikan kenyamanan dan keakuratan setir dalam berkendara sekaligus tidak terlalu sulit bagi para pemula. Dari sektor ban, Daihatsu Xenia di beberapa tipe menggunakan ban ukuran 165/80 R13 dan 185/70 R14, menggunakan velg aloyy. Lalu lanjut ke sistem pengereman, tidak ada yg berbeda dari semua tipe yang ada, sama – sama menggunakan Disc di depan dan Drum di belakang, memberikan keamanan sekaligus kemudahan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya piringan rem aus, untuk segera diganti dengan spare parts yang tersedia.
DAIHATSU XENIA
Reviewed by Lukman Daihatsu
on
December 11, 2018
Rating:
Post a Comment